-->

Drama Korea Jewel in the palace 2003 yang penuh intrik dan penderitaan

Drama Korea Jewel in the Palace- Kisah tentang seorang anak dayang istana menjadi dokter wanita Korea Selatan yang hidup sekitar abad ke-15 di masa Dinasty Chousun berkuasa. Ceritanya didasarkan pada tokoh sejarah yang diceritakan dalam Catatan Sejarah Dinasti Joseon, yang berpusat pada Jang-geum (diperankan oleh Lee Young-Ae) yang merupakan seorang dokter kerajaan perempuan pertama dari Dinasti Joseon di Korea. Tema utamanya adalah kegigihannya serta gambaran tentang budaya Korea yang tradisional, termasuk makanan serta obat-obatan istana kerajaan Korea.



Drama korea ini memang menarik untuk dilihat baik dari jalan cerita maupun pesan yang disampaikan. Dae Jang Geum salah satu drama Korea yang bagus dan bisa ditonton semua kalangan dari anak sampai orang tua bisa menyaksikan drama Korea ini.

Kisahnya berlangsung di Korea pada masa Dinasti Joseon, pemerintahan Raja Seongjong, Raja Yeonsan-gun (1494-1506) dan Raja Jungjong (1506-1544). Kisahnya dimulai dengan ibu dari Yeonsan-gun yang masih muda yang diracuni oleh sekelompok pengawal istana di bawah perintah raja.

Kunjungi juga:alaninjaku.blogspot.com

Setelah peristiwa itu, seorang pengawal istana, Seo Cheon-su yang menyertai kelompok itu, pulang ke rumahnya, tetapi ia mengalami kecelakaan dalam perjalanan kembalinya. Ia diselamatkan oleh seorang pertapa Taois yang mengatakan kepadanya bahwa hidupnya akan berlangsung di sekitar tiga orang perempuan, bahwa ia akan menyelamatkan perempuan yang kedua tetapi juga menyebabkan kematiannya, dan perempuan ketiga yang akhirnya akan menyebabkan kematiannya, tetapi juga akan menyelamatkan banyak nyawa. Kemudian dijelaskan bahwa ketiga perempuan itu adalah ibu Yeonsangun, ibu Jang-geum, dan akhirnya Jang-geum sendiri.


Tekanan batin akibat peristiwa ini akhirnya menyebabkan Seo Cheon-su mengundurkan diri. Di pihak lain, Dayang-Istana Park, seseorang yang sedang belajar di dapur istana, menyaksikan komplotan terhadap ibu suri yang dilakukan oleh Dayang-Istana Choi dan pada gilirannya dikenai tuduhan-tuduhan palsu oleh kalangan dalam staf dapur senior, dan diam-diam diperintahkan dibunuh melalui prosedur internal mereka. Ia diselamatkan oleh Dayang-Istana Han, teman baiknya di istana, dan belakangan dengan tidak sengaja diselamatkan oleh Seo yang sudah pensiun. Keduanya pergi untuk hidup dengan rahasia di sebuah desa terpencil, dan menyamar sebagai petani kecil. Mereka menikah dan membesarkan seorang anak perempuan yang sangat cerdas, Seo Jang-geum.


Pada 1504, Yeonsanggun memerintahkan penyelidikan besar-besaran tentang kematian ibunya, dan akhirnya menemukan Seo dan keluarganya, sebagian karena kesalahan di pihak anaknya, Jang-geum. Seo ditangkap dan dapat diduga bahwa kemudian dihukum mati. Jang-geum dan ibunya melarikan diri, tetapi ibu Jang-geum terluka parah oleh musuh-musuhnya, dan sebelum meninggal dunia ia menyampaikan kepada Jang-geum pesannya yang terakhir. Katanya, apabila ia mau, ia menginginkan Jang-geum menjadi juru masak kepala di dapur kerajaan dan mencatat kasusnya dalam buku catatan sejarah rahasia kaum perempuan di dapur dengan maksud membalaskan kesalahan yang dilakukan kepadanya, demi kehormatannya.


Jang-geum mengalami sejumlah petualangan dan berhasil masuk ke istana. Melalui keberaniannya, rasa ingin tahu, bakat, kebaikan, dan kerja kerasnya, ia menolong Dayang-Istana Han (sahabat baik ibunya, yang baru belakangan sekali ia ketahui) untuk menjadi juru masa kepala di istana. Pada masa ia berada di istana, ia mengalami banyak penderitaan dan dijauhi orang karena ia lebih pandai daripada para pekerja magang lainnya. Namun Jang-geum tidak patah semangat dan terus memasak dengan pikiran apapun yang terjadi, tujuannya memasak adalah demi kesehatan dan kebahagiaan orang yang menikmati masakannya. Malangnya, sebuah permufakatan yang dipimpin oleh Dayang-Istana Choi, kemenakannya Geum-yeong, serta para pejabat tinggi dan pedagang yang ingin tetap memonopoli pasar barang impor mengakibatkan Dayang-Istana Han dan Jang-geum dibuang ke Pulau Jeju.


Pada episode tentang wabah penyakit untuk mengisolasi suatu desa supaya penyakit tidak menular ke mana-mana. Dae Jang Gum berjuang bersama pejabat istana Ming Jung-Ho yang diperankan aktor Ji Jin-hee untuk menemukan pengobatan dan mencari sumber masalah dari wabah tersebut. Yang akhirnya ditemukan permasalahannya bukan wabah penyakit tetapi keracunan sayuran lobak yang terserang penyakit.

Semangat belajar Dae Jang Geum dalam dunia pengobatan cukup pesat. Hingga akhirnya dia dipercaya menjadi dokter kerajaan untuk merawat raja yang berkuasa. Namun, masalah seolah tidak mau menjauh dari dirinya. Selalu saja ada orang yang iri dengan apa yang telah diraihnya. Hingga, akhirnya Raja pada waktu itu sadar akan keselamatan Dae Jang Geum, maka raja memerintahkan pengawal untuk membawa dokter tersebut ke daratan Cina.

Sebuah drama tanpa adegan cinta rasanya kurang greget ya. Dalam drama ini masalah percintaan memang bukan utama, tetapi juga mampu membuat orang menjadi tidak suka dengan seseorang. Seorang dayang istana ternyata juga menaruh jati pada pejabat istana Ming. Tetapi pejabat istana Ming ternyata lebih memilih Dae Jung Geum.

Pejabat Istana Ming dan Dae Jung Guem akhirnya menikah saat menjadi pelarian dan mempunyai anak perempuan. Dalam pelarian Dae Jang Geum tetap melakukan pengobatan terhadap orang-orang yang membutuhkan tanpa pernah memikirkan bayaran. Pada akhirnya statusnya dikembalikan oleh ibu suri. Dia dan suaminya diminta kembali ke istana untuk bertugas di tempatnya dahulu mereka bekerja.


Apakah Dae Jang Geum memenuhi permintaan ibu suri?

Istana memang tempat yang menyenangkan juga menyakitkan. Di sana dia mendapatkan banyak hal, tetapi juga kehilangan banyak hal. Pada akhirnya Dae Jang Guem menolak permintaan ibu suri untuk tinggal di istana, Karena dia tidak ingin kehilangan lagi. Akhirnya dia dan suaminya beserta anaknya hidup bahagia di luar istana untuk mengabdikan ilmu kedokterannya pada masyarakat.

Hikmah dari drama ini adalah bahwa ketekunan dan kejujuran akan berbuah baik. Begitu juga sebaliknya kecurangan dan kedengkian suatu saat akan terbongkar juga. 

Pemeran

Lee Young-Ae

Ji Jin-Hee

Hong Ri-Na

Im Ho

Lim Hyeon-Sik

Geum Bo-Ra

Yang Mi-Kyeong

Kyeon Mi-Ri

Jo Kyeong-Hwan

Lee Hee-Do

Yeo Woon-Ge

Park Jeong-Soo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel